Ika Wahyu, Wiranti (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.
|
Text
IKA WAHYU WIRANTI_11111241032.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film animasi terhadap motivasi belajar pada anak kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta dengan jumlah anak kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 28 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametris, yaitu uji-t dengan teknik independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media film animasi terhadap motivasi belajar pada anak kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta, ditunjukkan dengan tingkat motivasi belajar kelas eksperimen dengan media film animasi lebih tinggi dari kelas kontrol dengan media gambar. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan nilai p 0,00 pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena nilai p < 0,05, yang artinya menerima hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh antara penggunaan media film animasi terhadap motivasi belajar pada anak kelompok B TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Kata kunci: media film animasi, motivasi belajar, TK.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
| Date Deposited: | 23 Dec 2015 03:13 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 05:49 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
