PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V SD N SENDANGADI 1 MLATI

Mulyani, Widy Dyah (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PEMBELAJARAN PKn SISWA KELAS V SD N SENDANGADI 1 MLATI. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
WIDY DYAH MULYANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang dikembangkannya karakter tanggung jawab siswa, belum diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam mengembangkan sikap karakter tanggung jawab siswa, dan belum diketahuinya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD N Sendangadi 1 Mlati. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan bentuk Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati yang berjumlah 58 siswa, terdiri dari 30 siswa kelas VA dan 28 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan dua kelompok yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Sedangkan, kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasanya dilaksanakan oleh guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji t, dengan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap karakter tanggung jawab pada pembelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri Sendangadi 1 Mlati. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: rata-rata skor karakter tanggung jawab siswa kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan menunjukkan angka 26, hal ini berbeda jauh dengan skor rata-rata yang diperoleh siswa setelah adanya perlakuan, yaitu mencapai skor 30,75. Data lain menunjukkan rata-rata skor kelas kontrol setelah diberi perlakuan hanya menunjukkan skor 27,13. Hal ini juga didukung dengan uji t sebagai analisis datanya. Dari hasil uji t antara hasil setelah perlakuan pada kedua kelompok diperoleh t hitung>t tabel yaitu 3,531>2,00324 dan nilai probabilitas signifikansi<0,05 yaitu 0,001. Kata kunci: model pembelajaran kooperatf tipe Jigsaw, karakter tanggung jawab, kelas V SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Dec 2015 01:34
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28901

Actions (login required)

View Item View Item