PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL TAHUN AJARAN 2011/2012

Sutarya, Miati (2015) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
MIATI SUTARYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPS pokok bahasan permasalahan sosial di kelas IV MIN Tempel. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil secara acak berdasarkan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Kesahihan dan kepercayaan instrumen penelitian ini diperoleh melalui validasi Point Biserial, reliabilitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Dec 2015 01:31
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28900

Actions (login required)

View Item View Item