PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN SISWA MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA’ SLEMAN YOGYAKARTA

Ekawati, Khusnia (2015) PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN SISWA MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN TRADISIONAL SISWA KELAS V SD NAHDLATUL ULAMA’ SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Khusnia Ekawati_09108241073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap disiplin siswa kelas V SD Nahdlatul Ulama’ Sleman Yogyakarta menggunakan permainan tradisional. Metode penelitian ini menggunakan Action Research versi Metler dan Charles yang terdiri dari planning stage, acting stage, developing stage, dan reflecting stage. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V, sedangkan objek penelitiannya adalah sikap disiplin siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap disiplin siswa dapat meningkat melalui penggunaan permainan tradisional. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan pada hasil penelitian. Pada tahap pratindakan, hasilnya menunjukkan 60% siswa memiliki kedisiplinan kategori tinggi dan mayoritas siswa masuk pada kategori sikap disiplin mulai terlihat. Setelah mendapatkan tindakan yang menekankan pada penjelasan peraturan, kesepakatan antar pemain,pendampingan, dan diskusi diakhir permainan, pada Siklus III hasilnya meningkat menjadi 92% siswa masuk dalam kedisiplinan kategori tinggi dan mayoritas sikap disiplin siswa masuk pada kategori mulai berkembang. Kata Kunci: Sikap Disiplin, Permainan Tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Dec 2015 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28899

Actions (login required)

View Item View Item