PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PRODUKTIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 KLATEN

Dwi, Kurniawam (2011) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PRODUKTIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 2 KLATEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_INFLUENCE_OF_PROFESSIONAL_COMPETENCE_AND_PRODUCTIVITY_OF_TEACHERS_TO_LEARNING_OUTCOMES__OF_LIGHT__VEHICLE_ENGINEERING_PROGRAM_EXPERTISE_STUDENT_IN_SMK_N_I_KLATEN.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi dan produktivitas guru, tingkat hasil belajar siswa program keahlian teknik kendaraan ringan, dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan produktivitas guru terhadap hasil belajar siswa program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Negeri 2 Klaten yang berjumlah 7 guru. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 10 guru. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan produktivitas guru terhadap hasil belajar siswa digunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) tingkat kompetensi profesional guru berada pada kategori yang tinggi, sebanyak 3 guru atau 42,9% memiliki kompetensi profesional yang tinggi dan 4 guru atau 57,1% memilki kompetensi profesional yang sangat tinggi; (2) tingkat produkivitas guru seluruhnya atau 100% terkategorisasi dalam kelompok yang sangat inggi; (3) hasil belajar siswa kategori tinggi sebanyak 14,3% dan sebanyak 85,7 berada dalam kategori sangat tinggi; (4) ada pengaruh dari kompetensi profesional terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perbedaan rata-rata hasil belajar siswa, yaitu sebesar 8,004 untuk kelompok kompetensi profesional sangat tinggi dan 7,611 untuk kelompok kompetensi profesional tinggi; (5) ada pengaruh dari produktivitas guru terhadap hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan rerata hasil belajar siswa yang sudah tergolong tinggi yang diajar oleh guru dengan tingkat produktivitas yang sangat tinggi pula

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2888

Actions (login required)

View Item View Item