PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA

Nurul Hidayati, Nurul (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.rtf
Restricted to Registered users only

Download (529MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa SMK Perindustrian Yogyakarta melalui teknik sosiodrama. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), dengan subjek penelitian siswa SMK Perindustrian Yogyakarta yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dengan guru BK yang dimulai tanggal 5 Agustus 2015 sampai dengan 3 September 2015. Pelaksanaan teknik sosiodrama ini dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan dan siklus II meliputi 3 tindakan dalam 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala keterampilan komunikasi interpersonal, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji validitas menggunakan validitas isi (expert judgement) sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,988. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh siswa melalui tahapan mendiskusikan tema dan naskah drama, bermain drama yang hanya disaksikan oleh teman yang terlibat dalam sosiodrama, bermain drama yang disaksikan oleh para penonton yang tidak terlibat dalam sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. Pada siklus I aspek yang sudah muncul yaitu keterbukaan, empati, dan sikap positif. Dan pada siklus II juga sudah muncul aspek saling mendukung dan kesetaraan. Didukung dari hasil post-test penelitian terdiri dari pra-tindakan sebesar 39,3%, siklus I sebesar 70,8%, dan siklus II sebesar 86% yang berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan keterampilan komunikasi interpersonal dapat ditingkatkan dengan teknik sosiodrama. Kata kunci: keterampilan komunikasi interpersonal, sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:56
Last Modified: 30 Jan 2019 05:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28873

Actions (login required)

View Item View Item