KEEFEKTIFAN TEKNIK ECOLA (EXTENDING CONCEPTS THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WONOSOBO

Agistiasari, Resti (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK ECOLA (EXTENDING CONCEPTS THROUGH LANGUAGE ACTIVITIES) TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WONOSOBO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Resti Agistiasari - NIM 11201244005 .pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik ECOLA dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik ECOLA. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik ECOLA terhadap pembelajaran membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah teknik ECOLA, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman cerita anak. Analisis data menggunakan uji-t sampel berhubungan dan uji-t sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan menggunakan teknik ECOLA dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman cerita anak tanpa menggunakan teknik ECOLA. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor t sebesar 3,884, df sebesar 66, dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p 0,000 < 0,05) maka signifikan. Kedua, teknik ECOLA efektif terhadap pembelajaran membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wonosobo. Hal tersebut ditunjukkan oleh data skor pretest dan posttest kelompok eksperimen bahwa t sebesar 12,03, df sebesar 33, dan p sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 21 Dec 2015 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item