PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL

Koirul Immamah, Murdawandari (2015) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
KOIRUL IMMAMAH MURDAWANDARI_11101241019 (1).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran intrakurikuler di SLB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah koordinator perpustakaan, guru Jurusan Tunarungu, guru Jurusan Tunagrahita, dan guru Jurusan Tunadaksa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi non partisipatif, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kegiatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran intrakurikuler di SLB Negeri 1 Bantul dimanfaatkan oleh guru. Kegiatan pemanfaatan yang dilakukan oleh guru yaitu, siswa diperkenalkan dengan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan, meminjamkan buku paket di perpustakaan, memberikan tugas kepada siswa untuk mencari materi, dan menggunakan perpustakaan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran intrakurikuler tersebut dibimbing dan didampingi oleh guru. Kegiatan pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran intrakurikuler dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, motivasi dari guru, ketersediaan fasilitas dan relevansi koleksi bahan pustaka dengan kurikulum dan kebutuhan pemustaka. Selain itu dalam pelaksanaanya juga terdapat hambatan dalam pemanfaatan perpustakaan yaitu, letak perpustakaan yang kurang strategis, penataan ruangan dan perabot perpustakaan yang kurang tertata, akses ruangan yang masih kurang, siswa yang belum tertarik dan mudah bosan, dan pustakawan yang tidak sesuai dengan background pustakawan dan double job. Upaya yang dilakukan dengan pengajuan usulan pengadaan barang ke pusat maupun ke sekolah, penataan ulang perpustakaan, dan kegiatan promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 18 Dec 2015 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28844

Actions (login required)

View Item View Item