PERHITUNGAN UNIT COST PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING

Hanif Jawangga, Yan (2015) PERHITUNGAN UNIT COST PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya unit cost penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan metode Activity Based Costing pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Perhitungan ini dilakukan guna mengetahui besarnya unit cost yang lebih faktual. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah staf dan pengelola Fakultas Ekonomi, staf dan pengelola Program Studi Pendidikan Akuntansi, staf bagian keuangan serta unit-unit terkait yang ada dalam organisasi yang berkaitan langsung dengan akuntansi biaya. Objek dalam penelitian ini adalah unit cost mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif dilakukan untuk memaparkan perhitungan nominal angka unit cost per mahasiswa per tahun Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa unit cost penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan metode Activity Based Costing pada Program Studi Pendidikan Akuntansi secara keseluruhan adalah sebesar Rp4.381.147.409,46. Unit cost penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi adalah sebesar Rp8.675.539,42 per mahasiswa per tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: biaya satuan, activity based costing, Program Studi Pendidikan Akuntansi
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 18 Dec 2015 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28840

Actions (login required)

View Item View Item