ANALISIS DATA SEKUNDER TENTANG PRESTASI BELAJAR BERBASIS NILAI UJIAN NASIONAL SISWA SMA N 1 JOGONALAN

Kamelia Resti, Ariyati (2015) ANALISIS DATA SEKUNDER TENTANG PRESTASI BELAJAR BERBASIS NILAI UJIAN NASIONAL SISWA SMA N 1 JOGONALAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kamelia Resti A_10101241004.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) nilai ujian nasional (NUN) masuk dan nilai ujian nasional (NUN) keluar siswa SMA N 1 Jogonalan, (2) hubungan NUN masuk dan NUN keluar, dan (3) perhitungan hasil belajar siswa berdasarkan NUN masuk dan NUN keluar dengan rincian: (a) perhitungan NUN masuk dan NUN keluar siswa secara keseluruhan, (b) perhitungan NUN masuk dan NUN keluar siswa berbasis mata pelajaran, (c) perhitungan NUN masuk dan NUN keluar siswa berdasarkan status asal sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian analisis data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi dokumentasi dengan jenis data berupa angka statistik. Sumber data berasal dari dokumen sekolah SMA N 1 Jogonalan yaitu penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2010, buku induk siswa dan hasil ujian nasional tahun 2013. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Siswa yang masuk ke SMA N 1 Jogonalan, Klaten termasuk berprestasi tinggi dari SMPnya (kategori 7,1-8,0) dan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai ujian nasional (NUN) siswa SMA N 1 Jogonalan juga termasuk tinggi (7,1-8,0), (2) Ada hubungan korelasional yang signifikan antara NUN masuk dan Nun keluar sebesar 0,395, (3) Jika NUN keluar (NUN SMA) dibandingkan dan NUN masuk (NUN SMP) ternyata prestasinya turun (lebih rendah dari prestasi SMPnya), (4) Jika dilihat berdasarkan mata pelajaran (mapel) baik siswa dari jurusan IPA ataupun IPS, hanya Bahasa Inggris yang mengalami paling banyak kenaikan prestasi, sedangkan mata pelajaran yang paling banyak mengalami penurunan prestasi adalah Bahasa Indonesia.Selain itu, progam studi IPA lebih unggul dari pada program studi IPS berdasarkan mata pelajaran yang diujikan pada UN, dan (5) Dilihat dari status asal sekolah, siswa yang berasal dari sekolah swasta lebih unggul dari pada siswa yang berasal sekolah Negeri. Siswa yang berasal dari sekolah swasta yang mengalami peningkatan prestasi paling banyak adalah siswa dari SMP Muhammadiyah 1 Klaten.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 17 Dec 2015 08:45
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item