KEPUASAN ORANG TUA SISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA PAUD DI TK IT AL-KHAIRAAT KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA

HARUN, ALRASID (2015) KEPUASAN ORANG TUA SISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN LEMBAGA PAUD DI TK IT AL-KHAIRAAT KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Harun Alrasid_08101244004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: 1) kepuasan orang tua siswa terhadap pendidik di TK IT Al-Khairaat di Kecamatan Umbulharjo. 2) kepuasan orang tua siswa terhadap sarana, prasarana dan pengelolalaan di TK IT Al-Khairaat di Kecamatan Umbulharjo. 3) kepuasan orang tua siswa terhadap standar isi, proses dan penilaian di TK IT Al-Khairaat di Kecamatan Umbulharjo. 4) kepuasan orang tua siswa terhadap tingkat pencapaian perkembangan di TK IT Al-Khairaat di Kecamatan Umbulharjo. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa TK IT AlKhairaat sebanyak 138. Sampel diambil berdasarkan rumus Isaac and Michael dengan sampling error 5% sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan professional judgement oleh dosen pembimbing kemudian dilanjutkan dengan rumus Korelasi Product Moment dari Karl Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan univariate analysis of the satisfaction atributes yaitu analisis dengan cara memetakan distribusi frekuensi pada aspek-aspek kepuasan. Penelitian ini menunjukan bahwa: 1) kepuasan orang tua terhadap pendidik perolehan skor tertinggi pada aspek cara guru menyambut kedatangan anak dan mendampingi saat penjemputan, dan skor terendah pada aspek cara guru berkomunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak, masing-masing yaitu 3,44 dan 2,98. 2) kepuasan orang tua terhadap sarana, prasarana dan pengelolaan untuk perolehan skor tertinggi pada aspek cara sekolah melibatkan orang tua dalam program sekolah, skor terendah dicapai ada aspek kesesuaian penataan ruang kelas dengan kebutuhan anak. Masing-masing yaitu 3,13 dan 2,6. 3) kepuasan orang tua terhadap standar isi, proses dan penilaian perolehan skor tertinggi pada aspek kesesuaian variasi kegiatan ekstrakurikuler dengan minat anak. Skor terendah pada aspek cara sekolah menampilkan dokumentasi kegiatan sekolah, masing-masing yaitu 3,17 dan 2,77. 4) kepuasan orang tua terhadap tingkat pencapaian perkembangan perolehan skor tertinggi pada aspek penambahan kemampuan anak untuk beradaptasi dengan teman, membantu teman dan berbagi. Skor terendah pada aspek cara sekolah dalam memantau kesehatan pertumbuhan fisik anak, masing-masing yaitu 3,11 dan 2,9.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 17 Dec 2015 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28834

Actions (login required)

View Item View Item