PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO IKLAN ASURANSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SUMPIUH

Nurfebrianti, Pertiwi (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA VIDEO IKLAN ASURANSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SUMPIUH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen menggunakan metode Jigsaw berbantuan media video iklan asuransi pada siswa kelas X SMA Negeri Sumpiuh. Lokasi penelitian di SMA Negeri Sumpiuh yang berlokasi di Jalan Raya Barat No. 95 Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan memanfaatkan metode Jigsaw berbantuan media video iklan asuransi. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, angket, dokumentasi berupa hasil tulisan siswa, dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik untuk mencapai kredibilitas penelitian menggunakan validitas demokratis, validitas proses, dan validitas dialog. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Jigsaw berbantuan media video iklan asuransi dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri Sumpiuh dalam menulis cerpen. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dapat dilihat dengan adanya perubahan sikap siswa pada proses pembelajaran. Sebelumnya siswa masih kesulitan untuk menemukan ide saat menulis cerpen. Setelah adanya tindakan siswa tidak lagi kesulitan menemukan ide, siswa lebih aktif bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat dalam diskusi pada pembelajaran menulis cerpen. Peningkatan kualitas produk dapat dilihat dari peningkatan skor yang terjadi dari tahap pratindakan hingga siklus II. Skor rata-rata pratindakan sebesar 66,84 masih di bawah kriteria keberhasilan yaitu 76. Setelah adanya tindakan terjadi peningkatan kualitas produk pada siklus I dan II. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata siklus I sebesar 75,94 dan skor rata-rata siklus II sebesar 83,14. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan sampai siklus II sebesar 16,30.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28824

Actions (login required)

View Item View Item