KEEFEKTIFAN METODE PENCOCOKAN KARTU INDEKS DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAMIGALUH KULONPROGO YOGYAKARTA

Mulyani, Fita (2015) KEEFEKTIFAN METODE PENCOCOKAN KARTU INDEKS DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SAMIGALUH KULONPROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fita Mulyani (10201244082).pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks cerpen siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran memahami teks cerpen menggunakan metode Pencocokan Kartu Indeks dan siswa yang tanpa menggunakan metode Pencocokan Kartu Indeks, (2) menguji keefektifan metode Pencocokan Kartu Indeks dalam pembelajaran teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Samigaluh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Pencocokan Kartu Indeks, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan memahami teks cerpen siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik penyampelan tersebut, kelas VII A ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda. Uji validitas instrumen berupa validitas isi. Reliabilitas instrumen dihitung dengan melihat nilai Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5 % (0,05). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan: (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode Pencocokan Kartu Indeks dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan metode Pencocokan Kartu Indeks. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis uji-t data posttest kemampuan memahami teks cerpen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai lebih besar dari ttabel (5,643 > 1,99) dan p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050); (2) metode Pencocokan Kartu Indeks efektif diterapkan dalam pembelajaran memahami teks cerpen. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen, diperoleh nilai lebih besar dari ttabel (10,981 > 2,039) dan p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050). Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan nilai rata-rata yang berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kenaikan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 0,73; sedangkan kenaikan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 15,52.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28823

Actions (login required)

View Item View Item