Pengembangan Model IDACR untuk Meningkatkan Kemampuan Mengevaluasi Peserta Didik SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta pada Materi Listrik Dinamis

Tunnur, Rauza (2015) Pengembangan Model IDACR untuk Meningkatkan Kemampuan Mengevaluasi Peserta Didik SMA Negeri 1 Depok Yogyakarta pada Materi Listrik Dinamis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rauza-tunnur-137082651130.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model IDACR dalam peningkatan kemampuan mengevaluasi peserta didik; (2) menghasilkan instrumen pendukung model IDACR yang layak yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan peserta didik berupa roda kegiatan IDACR, soal tes kemampuan mengevaluasi, dan panduan pelaksanaan model IDACR; (3) mengungkapkan kepraktisan perangkat model IDACR yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan mengevaluasi; dan (4) mengungkapkan keefektifan model pembelajaran IDACR dalam meningkatkan kemampuan mengevaluasi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Depok pada materi listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Desain uji coba lapangan yang digunakan adalah design non-equivalent group pretest-posttest yang terdiri dari 54 peserta didik kelas MIA SMA N 1 Depok. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket kepraktisan pembelajaran IDACR dan soal tes kemampuan mengevaluasi. Data dianalisis menggunakan uji t, uji independent sample t test terhadap gain skor (antara pretes dan postes) kelas eksperimen dan kontrol pada taraf signifikansi (α) 0,05. Tahap disseminate merupakan upaya penyebaran panduan model IDACR yang telah direvisi kepada beberapa pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model IDACR yang dikembangkan dalam peningkatan kemampuan mengevaluasi berkarakteristik pemrosesan informasi. Teori pendukung model IDACR meliputi teori belajar Vygotsky, teori belajar Stenberg, teori belajar Piaget, dan teori belajar Gagne. Secara garis besar, model IDACR memiliki 5 elemen penting yang digunakan sebagai sintaks/tahap pembelajaran yaitu identify, decide, act, communicate, dan reinforce; (2) perangkat pembelajaran pendukung model IDACR yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika materi listrik dinamis berdasarkan penilaian validator. Panduan pelaksanaan model dinyatakan sangat baik, RPP dinyatakan sangat baik dan soal tes kemampuan mengevaluasi dinyatakan baik; (3) model pembelajaran yang dikembangkan praktis menurut pendidik, dan baik menurut peserta didik; serta (4) secara statistik, model pembelajaran IDACR efektif dapat meningkatkan kemampuan mengevaluasi peserta didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: IDACR, kemampuan mengevaluasi, listrik dinamis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Dec 2015 02:40
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item