PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Sulistyaningsih, Happy Retno (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan kompetensi siswa las XI S:MK Negeri 4 Yogyakarta dengan penerapan pembelajaran koatekstual berbasis component display theory dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Yaitu benruk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas. Subyek yang peneliti ambil adalah siswa kelas XI Kecantikan Kulit 1 SMK Negeri 4 Yogyakarta yang minat belajar dan kompetensi siswa dalam mata pelajaran PKn nya masih rendah. Metode pengumpulan data yang " digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes. Untuk menganalisis data dari hasil observasi.angket, tes digunakan teknik statistik deskriptif yaitu persentase dan rata-rata. Basil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstuaI berbasis component display theory pada pembelajarn PKn efektif untuk meningkatkan minat belajar dan kompetensi siswa. pada siklus I skor rata - rata minat belajar sebesar 69,02, rata - rata skorpre 9 clan rata - rata skor post test 67,67. Pada siklus II skor rata - rata rninat belajar sebesar 2$2,; rata - rata SkOT pre test 55,5 dan rata - rata SkOT post test 78. Dad skor rata': rata minat 3:f;;3J" IT siklus II yang lebih tinggi dari minat belajar siklus I membuktikan bahwa terjadi - peningkatan minat belajar. Nilai rata - rata post test siklus II lebih tinggi daripada nilai rata - rata test siklus 1. Siswa yang memperoleh nilai post test ~ 68 pada siklus I sebesar 66,67 dan " meningkat pada siklus II sebesar 100. Hal ini membuktikan bahwa terjadi peningkatan ko:mpetensi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Dec 2015 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28808

Actions (login required)

View Item View Item