DINAMIKA KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI GERAKAN SOSIAL (2004-2010)

Fitriani, Rahmy (2010) DINAMIKA KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI GERAKAN SOSIAL (2004-2010). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
DINAMIKA KESATUAN AKSI MAHASISWA MUSLIM INDONESIA (KAMMI) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA SEBAGAI GERAKAN SOSIAL (2004-2010).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika KAMMI DIY sebagai gerakan sosial periode 2001-2010, baik peran, pendidikan dan prospek KAMMI sebagai gerakan sosial politik mas a depan. Metode penelitian yang digunakan adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif, Informan penelitian ini adalah orang-orang yang karena posisinya memiliki pengetahuan serta informasi yang sesuai dengan permasalahan penelitian, sedangkan informan penelitiannya adalah orang-orang yang menjabat sebagai ketua komisariat peri ode 2010 dan ketua KAMMI DIY yang menjabat pada periode 2004-2006, 2006-2008, dan 2008-2010, yang menjadi tempat penelitian adalah KAMMI Wilayah DIY, komisariat UGM, UNY, UIN, UPN, UII, UAD, UMY, HAMFARA, INSTIPER dan UMBY. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pertama, dinamika KAMMI DIY sebagai gerakan sosial terbagi atas dua hal, gerakan sosial kemasyarakatan dan gerakan sosial politik. Gerakan sosial kemasyarakatan dari periode 2004-2010 secara urn urn memiliki perkembangan yang cukup signifikan dengankonsep yang sudah tertata dengan baik, namun pelaksanaan di lapangan masih rendah baik secara kualitas maupun kuantitas. Kedua, peran KAMMI DIY sebagai gerakan sosial lebih cenderung kepada gerakan politik dan melakukan tuntutan kepada pemeritah melalui pewacanaan publik atau aksi demostrasi, secara tidak langsung KAMMI dalam hal ini sesuai dengan jenis gerakan bahwa KAMMI dapat dikategorikan gerakan perlawanan. Ketiga, pendidikan gerakan sosial politik KAMMI DIY sudah tersistem dengan baik sesuai dengan MANHAJ kaderisasi 1427H dan hampir sarna dengan apa yang dilakukan o\eh gerakan Ikhwanul Muslimin. Keempat, KAMMI DIY sebagai gerakan sosial masa depan maka prospek KAMMI sesuai dengan visinya merupakan sebagai wadah perjuangan permanen untuk melahirkan pemimpin bangsa masa depan menjadikan KAMMI melahirkan kader-kader yang bagus secara kuaIitas dan memiIiki kuantitas kader yang ban yak sesuai dengan karakter gerakan KAMMI yaitu sebagai organisasi pengkaderan atau harokatuttajnid dan sebagai organisasi . pergerakan atau harokatul amal, serta masih mempertahankan nilai-nilai islam yang terkandung didalamnya maka akan menjadikan KAMMI sebagai gerakan yang bertahan dan eksis serta berkontribusi dalam pergerakan mahasiswa di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 16 Dec 2015 04:42
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28801

Actions (login required)

View Item View Item