MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE IKHTISAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI WONOSARI IV KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Suharyati, Lia (2015) MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE IKHTISAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD NEGERI WONOSARI IV KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lia Suharyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Wonosari IV dengan menggunakan model pembelajaran aktif tipe ikhtisar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Wonosari IV tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 29 siswa. Pengambilan data menggunakan observasi, tes, dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, lembar tes untuk mengukur hasil belajar IPA ranah kognitif, dan pedoman wawancara untuk menggali informasi. Analisis data penelitian menggunakan desktiptif kualitatif untuk data kualitatif hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk data kuantitatif tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran aktif tipe ikhtisar dapat meningkatkan hasil belajar IPA dengan cara; guru melakukan apersepsi dan motivasi, menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, memberikan penjelasan mengenai materi yang akan dipelajari, menjelaskan cara membuat ikhtisar, membagi siswa menjadi berkelompok, membagikan media pembelajaran yang akan digunakan untuk membuat, membimbing dan memfasilitasi siswa dalam membuat ikhtisar, memberi motivasi kepada siswa untuk mempresentasikan hasil ikhtisarnya, memberi apresiasi kepada siswa atas hasil karyanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA mengalami peningkatan. Peningkatan hasil belajar IPA nampak dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari kondisi awal dengan kategori cukup (68.48) menjadi kategori baik (73.27) pada siklus I dan menjadi kategori sangat baik (83.10) pada siklus II. Pada kondisi awal sebanyak 12 dari 29 siswa (41.37%) hasil belajarnya sudah mencapai KKM, pada siklus I sebanyak 24 dari 29 siswa (82.75%) sudah mencapai KKM, dan pada siklus II sudah seluruh siswa (100%) hasil belajarnya mencapai KKM. Penelitian ini dihentikan pada siklus II karena pada siklus II sudah seluruh siswa (100%) mencapai KKM 70 dan rata-rata hasil belajar IPA siswa mencapai KKM 70.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Dec 2015 03:39
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28796

Actions (login required)

View Item View Item