PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010

Nardiani, Ivan Nurrohman (2010) PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PENGGUNAAN PENDEKATAN STOP-THINK-DO MELALUI METODE DISKUSI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA N 2 BANTUL KELAS XI IPS 4 SEMESTER II TAHUN AJARAN 2009-2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang berlangsung di sekolah dalam upayanya mencapai prestasi belajar yang maksimal, masih menemui beberapa kendala. Salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang inovatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya perbaikan sistem pembelajaran salah satunya dengan sistem pendekatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan prestasi belajar Sejarah dengan penggunaan pendekatan Stop-Think-Do melalui metode diskusi terbimbing pada siswa kelas XI IPS 4 SMA N 2 Bantul, serta kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan CAR (Classroom Action Research) yang terdiri dari tiga siklus, yang mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun dalam pengambilan data melalui observasi langsung selama proses pembelajaran di kelas, wawancara, angket, dokumen, dan tes hasil belajar. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi, yaitu terdiri dari trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis kualitatif 'dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Stop- Think- Do melalui metode diskusi terbimbing secara umum dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Bantul. Hal tersebut terlihat dari peningkatan-peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 2.43. Pada siklus II, peningkatan sebesar 3.21 . Pada siklus III, peningkatan sebesar 3.64. Penggunaan pendekatan Stop- Think-Do melaui metode diskusi terbimbing secara umum juga mampu meningkatkan prestasi belajar sejarah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, rata-rata prestasi siswa meningkat sebesar 0.65. Pada siklus II, meningkat sebesar 0.83. Pada siklus III, meningkat sebesar 0.97. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan pendekatan Stop- Think-Do melalui metode diskusi terbimbing ini adalah siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menyesuaikan diri saat berlangsungnya diskusi, apalagi jika kelompok tersebut berjumlah besarl klasikal sehingga kelas menjadi gaduh. Kata kunci: Prestsi Belajar, Motivasi Belajar, Pendekatan Stop-Think-Do, Diskusi Terbimbing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 15 Dec 2015 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28794

Actions (login required)

View Item View Item