HUBUNGAN ANTARA METODE OEMBERIAN TUGAS DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP MAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009-2010

Suwitno, Fitri Yani (2010) HUBUNGAN ANTARA METODE OEMBERIAN TUGAS DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP MAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009-2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
HUBUNGAN ANTARA METODE OEMBERIAN TUGAS DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP MAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2009-2010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberian tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa merupakan metode yang diharapkan dapat menjadikan siswa lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar mengajar serta dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh siswa agar dapat meningkatkan pre stasi belajar yang ingin dicapai. Kebiasaan belajar merupakan cara-cara yang dilakukan siswa untuk mencapai pre stasi belajar yang optimal dengan cara belajar secara teratur dan berkesinambungan. Pre stasi belajar sosiologi menunjukkan sejauh mana tingkat pemahaman, penguasaan siswa terhadap semua materi pelajaran sosiologi yang telah diajarkan oleh guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemberian tugas dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS MAN Pemalang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang digunakan untuk mengukur hubungan variabel bebas dengan variabel terikat yang diolah dengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI IPS MAN Pemalang tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 171 siswa yang terbagi dalam 5 kelas, yang kemudian diambil sampel sebanyak 51 siswa dengan mengambil 30 dari populasi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 35 responden pada populasi penelitian di luar sampel, uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha. Untuk mengetahui hubungan antara masing-masing variabel bebas ~ dan variabel terikat digunakan teknik analisis korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan tingkat signifikansi yang digunakan adalah 5. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian tugas dengan pre stasi belajar sosiologi, ditunjukkan r hitung sebesar 0.374 lebih besar dari r tabel 0.279, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan pre stasi belajar sosiologi, ditunjukkan r hitung sebesar 0.317 lebih besar dari r tabel 0.279, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemberian tugas dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar sosiologi, ditunjukkan nilai R = 0.403 dan F hitung 4.6641ebih besar dari F tabeI3.19, serta koefisien determinasi (R2) sebesar 0.163. Hal tersebut berarti bahwa pemberian tugas dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sosiologi pada siswa kelas XI IPS MAN Pemalang tahun ajaran 2009/2010 sebesar 16.3 sedangkan sisanya 83.7 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pemberian Tugas, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Sosiologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 15 Dec 2015 02:40
Last Modified: 30 Jan 2019 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28791

Actions (login required)

View Item View Item