MODEL PENERIMAAN E-COMMERCE

Nugroho, Mahendra Adhi (2009) MODEL PENERIMAAN E-COMMERCE. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VII (2). pp. 46-55. ISSN 0853-9472

[img] Text
JPAI e-commerce (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Model penerimaan suatu teknologi informasi merupakan isu yang sudah cukup lama dikembangkan. Pada tahun 1989 Davis memperkenalkan model penerimaan teknologi dengan mengadopsi dan mensintesis Theory Reason Action (TRA) dan Theory Plan Behavior (TPB) menjadi model baru yang dikenal; sebagai Technology Acceptance Model (TAM). Pada perkembangannya model TAM banyak di validasi dan diadopsi peneliti-peneliti setelahnya. Isu berikutnya muncul ketika model bisnis yang mengadopsi e-commerce mulai berkembang. Beberapa peneliti melakukan riset dengan memodifikasi TAM agar dapat diaplikasikan dalam lingkungan e-commerce. Tiga isu utama yang sering diajukan dalam penelitian adalah mengenai karakteristik individu, karakteristik sistem dan isu mengenai risiko dan trust. Isu menenenai risiko dan trust paling sering digunakan dalam penelitian e-commerce yang menggunakan basis web (internet). Artikel ini mencoba untuk mengkolaborasi model-model penelitian yang diajukan peneliti terdahulu dan telah divalidasi menjadi suatu model penerimaan teknologi khususnya e-commerce. Pada akhir dari artikel ini peneliti mencoba mengajukan model alternatif yang dapat dikembangkan atau dimodifikasi lebih lanjut untuk digunakan dalam riset mengenai penerimaan e-commerce.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: SE, M.Sc Mahendra Adhi Nugroho
Date Deposited: 15 Dec 2015 01:30
Last Modified: 15 Dec 2015 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item