Nugroho, Mahendra Adhi (2008) Kesuksesan Katalog Elektronik Perpustakaan Akademik: Pengaruh Ketakutan Komputer Pemakai dan Kualitas Pelayanan Pustakawan dengan Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi sebagai Variabel Kendali. JURNAL RISET AKUNTANSI INDONESIA, 11 (2). pp. 186-211. ISSN 1410-6817
|
Text
JRAI v2.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Validasi peneliti terdahulu terhadap model kesuksesan sistem informasi yang diajukan DeLone dan McLean (1992;2003) hanya berfokus pada faktor pendukung yang berhubungan positif dengan kesuksesan tanpa mempertimbangkan faktor yang tidak mendukung yang dapat menyebabkan pemakai menjadi tidak menggunakan sistem. Ketakutan komputer merupakan salah satu faktor yang tidak mendukung dan bersifat negatif. Dalam perpustakaan akademilc, pelayanan pustakawan dapat dibagi menjadi pelayanan fisik yang berupa fasilitas fisik dan pelayanan fungsional yang mengacu pada proses pelayanan. Pelayanan pustakawan merupakan pelayanan proses. Kualitas pelayanan pustakawan dalam memberikan informasi literatur kepada pengunjung secara /angsung atau tidak /angsung akan mempengaruhi penggunaan fasi/itas fisik katalog elektronik yang mempunyai fungsi soma dengan fungsi pustakawan dalam memberikan informasi lileratur. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah kualitas pelayanan pustakawan dan ketakutan komputer sebagai faktor negatif terhadap penggunaan sistem dan kepuasan pemakai akan mempengaruhi kesuksesan katalog elektronik secara kese/uruhan. Menggunakan sampel empal perpustakaan akademik universitas di Yogyakarta dengan 220 responden, p enelitian ini mencoba menguji pengaruh pelayanan pustakawan dan ketakutan komputer terhadap kesuksesan katalog elektronik. Model diuji menggunakan PLS. Hasil pengujian menunjukkan hubungan positif signifikan antara kualitas pelayanan pustakawan dengan penggunaan sistem dan hubungan negatif signifikan antara ketakutan komputer dengan penggunaan sistem. Simpulan dari hasil diskusi diperoleh temuan ketakutan komputer merupakan variabel yang lebih kuat mempengaruhi pemakaian daripada kualitas sistem dan kualitas informasi. Kualitas sistem dan kua/itas informasi merupakan variabel yang kuat mempengaruhi kepuasan pemakai daripada pemakaian dan ketakutan komputer. Kontribusi lain penelitian ini adalah perlunya pemisahan suatu aplikasi sistem informasi sebagai pendukung pelayanan atau pengganti pelayanan dalam mengukur kesuksesan s istem secara keseluruhan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi |
Depositing User: | SE, M.Sc Mahendra Adhi Nugroho |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 15:01 |
Last Modified: | 01 Jan 2017 03:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |