PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGELAS JALUR LAS GMAW DENGAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH DI SMK

Eko, Purwanto (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGELAS JALUR LAS GMAW DENGAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH DI SMK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_MEDIA_DEVELOPMENT_OF_GMAW_WELDING_WELDLINE_LEARNING_WITH_MACROMEDIA_FLASH_IN_SMK.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian merupakan pendekatan dari penelitian pengembangan bertujuan untuk (1) mengembangkan desain software pembelajaran sebagai sumber belajar pada mata pelajaran mengelas jalur las GMAW, mendesain meteri dalam media pembelajaran yang tepat untuk digunakan pada media pembelajaran mengelas jalur las GMAW, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran untuk pembelajaran mengelas jalur las GMAW, (3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran pada pembelajaran las GMAW. Pengembangan media pembelajaran mengelas jalur las GMAW menggunakan pendekatan penelitian (Research and Development). Software pembelajaran las GMAW dikemas dalam format compact disk. Tahap pengujian dilakukan terhadap kelayakan produk sebagai media pembelajaran. Validasi dilakukan kepada dosen ahli materi, ahli media pembelajaran untuk mendapatkan masukan saran mengenai kelayakan media dari segi materi maupun media. Pengujian kelayakan dilakukan dengan metode kuesioner kepada siswa SMK N 1 Sedayu. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Pengujian efektivitas media pembelajaran menggunakan metode pre-test dan post-test dengan bentuk tes tertulis pilihan ganda. Metode yang di gunakan untuk menganalisis data efektivitas menggunakan t-test dua sampel berkorelasi. Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa: (1) desain media pembelajaran yang di kembangkan adalah : halaman intro, halaman petunjuk, halaman menu utama, halaman menu materi, halaman materi, halaman evaluasi dan halaman penutup, (2) hasil penilaian ahli materi mendapat rerata skor sebesar 5, kategori “ sangat baik”. Hasil penilaian ahli media mendapat rerata skor sebesar 3,5, kategori “baik”. Kelompok kecil mendapat rerata skor 4,2, kategori “sangat baik”. Tanggapan siswa mendapat rerata skor 4,3, kategori “sangat baik”, (3) efektivitas dari penggunaan media kepada siswa diperoleh berdasarkan hasil dari soal pre-test dan post-test, setelah data yang di peroleh diolah maka didapatkan harga t-hitung sebesar -15,07. Setelah di bandingkan dengan t-tabel (nilai t-tabel 1,67) maka berdasarkan kurva hasil uji-t hipotesis menyatakan “nilai post-test lebih besar dari nilai pre-test setelah menggunakan media pembelajaran”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item