PENINGKATAN MINAT BERBAHASA JAWA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA ANAK KELOMPOK TK B DI TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA

Destrika, Nurtanti (2015) PENINGKATAN MINAT BERBAHASA JAWA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA ANAK KELOMPOK TK B DI TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Destrika Nurtanti_11111247043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan minat berbahasa Jawa anak melalui metode bercerita dengan media wayang kartun pada anak kelompok TK B di TK Pedagogia Yogyakarta. Aspek-aspek yang digunakan dalam meningkatkan minat berbahasa Jawa pada penelitian ini adalah ketertarikan/ rasa senang, perhatian, dan penerapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Objek penelitian adalah minat berbahasa Jawa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kartun. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kegiatan bercerita menggunakan media wayang kartun dapat meningkatkan minat berbahasa Jawa anak. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya minat berbahasa Jawa anak pada tahap pra siklus terlihat 5 anak yang memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, pada siklus I terdapat sedikit peningkatan yaitu 7 anak memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 14 anak memiliki minat tinggi terhadap bahasa Jawa, maka tindakan dihentikan karena minat berbahasa Jawa anak sudah mencapai indikator keberhasilan. Adapun langkah-langkah pelaksanaan antara lain, (1) guru memberikan apersepsi sesuai tema, (2) anak mendengarkan cerita dari guru dengan bahasa Jawa menggunakan wayang kartun, (3) anak mengulang kembali cerita menggunakan wayang kartun, (4) pembelajaran dilakukan dengan setting kelas baik di dalam maupun di luar kelas, (5) guru membimbing anak yang kesulitan menggunakan bahasa Jawa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kata kunci: minat berbahasa Jawa, bercerita dengan wayang kartun, TK Kelompok B

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 14 Dec 2015 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 05:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28769

Actions (login required)

View Item View Item