Dedy, Sutriyono (2012) PENGARUH PEMBERIAN TUGAS BROWSING INTERNET PADA STANDAR KOMPETENSI ANTILOCK BRAKE SYSTEM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
7._ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas browsing internet terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sistem pemindah tenaga (antilock brake system) di kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Piri Sleman. Penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas browsing internet dalam mata pelajaran sistem pemindah tenaga (antilock brake system). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 82 yang terbagi dalam 3 kelas XI KRA, KRB, KRC. Sampel penelitian ini adalah kelas KRA 27 siswa dan KRC 27 siswa, dimana sampel tersebut diambil dengan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pretest dan postest. Validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (judgment expert) kemudian di uji cobakan melalui tes pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Piri Sleman. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uji-t sampel berkorelasi. Hasil penelitian ini akan diketahui dari uji-t yang dilakukan terhadap prestasi belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji-t tersebut meliputi uji-t kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai korelasi yang diperoleh pada analisis validitas instrumen dengan rumus korelasi Product Moment dari Pearson berkisar antara 0,382 - 0,785 dan r tabel 0,374. Berdasarkan pada taraf signifikan 0,05 diperoleh 20 item valid. Nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh 0,910 dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil dari uji-t kelompok kontrol dan eksperimen diketahui harga t hitung sebesar 7,47, selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 1,675, sehingga t hitung > t tabel. Selain itu didapatkan perbedaan rata-rata nilai kelas eksperimen dan kontrol sebesar 22,70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan peningkatan prestasi kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Users 1141 not found. |
Date Deposited: | 07 Aug 2012 01:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 15:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2876 |
Actions (login required)
View Item |