Fauziah, Lilik (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika dan Peluang Kelas VII Menggunakan Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Kecerdasan Emosional dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-lilik-fauziah-13709251028.swf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Statistika dan Peluang kelas VII berorientasi pada kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, yang dilengkapi angket kecerdasan emosional dan tes prestasi belajar yang layak digunakan dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Tahapan dalam pengembangan meliputi: 1) research and information collecting; 2) planning; 3) develop preliminary form of product; 4) preliminary field testing; 5) main product revision; 6) main field testing; 7) operational product revision; 8) operational field testing; 9) final product revision; 10) dissemination and implementation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII7 dan VII9 SMPN 8 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi: 1) angket penilaian guru dan siswa terhadap produk pengembangan; 2) angket penilaian siswa terhadap kegiatan pembelajaran; 3) lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru; 4) angket kecerdasan emosional; 5) tes prestasi belajar; 6) lembar validasi silabus, RPP, LKS, angket kecerdasan emosional, dan tes prestasi belajar. Analisis data kevalidan dan kepraktisan menggunakan analisis deskriptif. Analisis data keefektifan menggunakan one sample t test. Hasil penelitian ini yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran Statistika dan Peluang kelas VII menggunakan pendekatan saintifik berorientasi pada kecerdasan emosional dan prestasi belajar siswa terdiri dari silabus, RPP, LKS, yang dilengkapi angket kecerdasan emosional dan tes prestasi belajar yang layak digunakan dengan kriteria: 1) valid ditinjau dari hasil validasi ahli yang menyatakan valid untuk semua aspek penilaian; 2) praktis ditinjau dari penilaian siswa, guru dan observer yang menyatakan mudah diterapkan; 3) efektif ditinjau dari rata-rata siswa memperoleh skor kecerdasan emosional minimal 12 dan rata-rata siswa memperoleh nilai tes prestasi belajar minimal 75.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, perangkat pembelajaran Statistika dan Peluang, saintifik, kecerdasan emosional |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Dec 2015 07:49 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |