KESIAPAN GURU GEOGRAFI SMA DALAM MENGIMPLEMANTASIKAN KTSP DI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Marginingsih, Nita (2010) KESIAPAN GURU GEOGRAFI SMA DALAM MENGIMPLEMANTASIKAN KTSP DI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
KESIAPAN GURU GEOGRAFI SMA DALAM MENGIMPLEMANTASIKAN KTSP DI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan gum geografi SMA di ecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP. Tiga pertanyaan penelitian iajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk enggambarkan kesiapan guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agai upaya dalam implementasi KTSP. Informan utama dalam penelitian ini ah gum mata pelajaran geografi dan informan pendukung adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kurikulum dan siswa. Teknik pengumpulan ta dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data penulis ~ za menggunakan trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis secara eskriptif meliputi tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ( 1 ) Kesiapan gum geografi SMA di kecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP mata pelajaran geografi dalam hal persiapan pelaksanaan KTSP sudah cukup optimal yang dapat dilihat . penyusunan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP dan juga didukung o h pemahaman gum yang cukup baik mengenai KTSP; ( 2 ) Pelaksanaan KTSP mata pelajaran geografi sudah dapat terlaksana dengan baik, walaupun demikian ih ditemui sekolah yang masih mengalami kesulitan dalam pelaksanaan KTSP . babkan oleh siswa yang belum mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara optimal sehingga sulit menerapkan RPP yang di buat, namun kondisi ini at diatasi oleh guru sebagai pengelola kelas; ( 3 ) Kendala yang dihadapi gum =: grafi SMA di kecamatan Wonosari dalam implementasi KTSP adalah: siapan sekolah yang belum maksimal, dukungan masyarakat belum maksimal, . erja guru masih tergolong rendah, dana, bahan pembelajaran masih kurang, :erlalu banyak materi, waktunya kurang, siswa kurang aktif, fasilitas kurang ngkap sehingga gum susah untuk berinovasi, kondisi sekolah yang sempit, ngetahuan yang terbatas, kurang kreatif, kesulitan dalam menentukan media _ -ang sesuai dengan metode yang digunakan dalam pembelajaran, kemampuan para guru untuk mengembangkan kurikulum, pengembangan SK dan KD seperti yang tertuang dalam Standar Isi kurang dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh para guru, SDM siswa (inputnya kurang bagus), kurang menguasai materi, kekurangan guru geografi sehingga mata pelajaran geografi diajar guru fisika dan media lurn tercukupi. Kata kunci : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), implementasi, guru geografi SMA, di Kec. Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 10 Dec 2015 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 05:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28727

Actions (login required)

View Item View Item