POLA KERJA DAN KONFLIK BURUH (Studi Pabrik Tapioka CV Menara Di Desa Purwonogoro Kecanatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara)

Wijianingsih, Melia (2010) POLA KERJA DAN KONFLIK BURUH (Studi Pabrik Tapioka CV Menara Di Desa Purwonogoro Kecanatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
POLA KERJA DAN KONFLIK BURUH (Studi Pabrik Tapioka CV Menara Di Desa Purwonogoro Kecanatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada buruh pabrik Tapioka CV Menara di desa Purwonegoro Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara. Buruh pabrik tapioka CV Menara melakukan pola p encuci an, pemarutan, penyaringan, pengendapan, pengeringan, pengemasan dan penyimpanan pada bahan baku pembuatan tepung tapioka. Mereka berasal dari keluarga yang berpendapatan rendah dikarenakan faktor ekonomi yang menjadikan mereka untuk menjadi buruh pabrik. Dalam bidang kerja selalu terdapat konflik sosial yang tidak akan pernah lepas dari kegiatan kerja buruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kerja dan konflik buruh yang ada dalam Pabrik Tapioka CV Menara di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjamegara. Metode penelitian adalah deskriptif kualiatif. Informan dalam penelitian ini adalah buruh Pabrik Tapioka CV Menara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dibantu dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik cuplikan ang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Pengujian eabsahan datalvaliditas dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari empat komponen analisis, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan berbagai macam pola kerja buruh rik Tapioka CV Menara di des a Purwonegoro terdapat dua pol a kerja yang iantaranya pol a kerja awal yaitu pencucian, pemarutan, penyaringan, dan perendaman. Sedangkan pol a yang kedua adalah pengeringan, pembungkusan dan penyimpanan pada tepung tapioka. konflik yang terlihat dalam pola kerja adalah onflik pada pol a kerja akhir. Konflik kerja tersebut terdapat pada konflik internal konflik exsternal. Kata Kunci: Pola kerja dan Konjlik sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28696

Actions (login required)

View Item View Item