PENGARUH VCD PEMBELAJARAN TEORI CHASIS DAN SPT KOMPETENSI DASAR BALANS RODA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 45 WONOSARI YOGYAKARTA

GANDHI PRASETYO, WIBOWO (2015) PENGARUH VCD PEMBELAJARAN TEORI CHASIS DAN SPT KOMPETENSI DASAR BALANS RODA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 45 WONOSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Gandhi Prasetyo Wibowo 06504244034.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH VCD PEMBELAJARAN TEORI CHASIS DAN SPT KOMPETENSI DASAR BALANS RODA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK 45 WONOSARI YOGYAKARTA Oleh: GANDHI PRASETYO WIBOWO 06504244034 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh VCD pembelajaran teori Chasis dan SPT kompetensi dasar Balans Roda terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK 45 Wonosari Yogyakarta yaitu apakah terdapat perbedaan antara kelas yang pembelajarannya diterapkan media pembelajaran VCD dengan kelas yang pembelajarannya tanpa media pembelajaran VCD. Penelitian ini dilakukan di SMK 45 Wonosari Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen-semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling purposive dari populasi yang terdapat 3 kelas yaitu XI TKR1, XI TKR2 dan XI TKR3 yang berjumlah 77 siswa, kemudian diambil sampel 2 kelas penelitian sebanyak 47 siswa yaitu kelas XI TKR1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR2 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2011/2012. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes hasil belajar. Uji validitas instrumen dilakukan dengan 2 cara yaitu dilakukan dengan dengan menggunakan pendapat dari ahli (judgement experts) dan selanjutnya dengan analisis butir menggunakan validitas empiris (empirical validity). Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan uji-t satu fihak yaitu uji fihak kanan dengan taraf kesalahan yang ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t fihak kanan yaitu thitung>ttabel dengan nilai 3,888 >1,679, sehingga thitung jatuh pada penolakan Ho yaitu hasil belajar diperoleh dari kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, maka terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran media VCD dengan siswa siswa yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran VCD pada mata diklat teori Chasis dan SPT kompetensi dasar Balans Roda berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMK 45 Wonosari Yogyakarta. Kata kunci: VCD pembelajaran, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2015 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28694

Actions (login required)

View Item View Item