Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2012/2013

Galih, Jatmiko (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2012/2013. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Galih Jatmiko-06504241030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X SMK Piri I Yogyakarta Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Tahun Ajaran 2012/2013 Oleh: Galih Jatmiko NIM. 06504241030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana guru dan sekolah mengimplementasikan pendidikan karakter kepada siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Piri I Yogyakarata, dan (2) mengetahui bagaimana karakter siswa kelas X di SMK Piri I Yogyakarta, yang meliputi aspek nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, tanggung jawab, dan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Piri I Yogyakarta, Guru-guru yang mengampu, Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan Waka Humas. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik keabsahan data (kualitatif) untuk variabel implementasi pendidikan karakter oleh guru dan sekolah menggunakan triangulasi, sedangkan data (kuantitatif) untuk variabel karakter siswa menggunakan rumus pearson product moment dan alpha croncbach. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dan untuk karakter siswa menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian diketahui (1) bahwa guru dan sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter yaitu: (a) penanaman nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh guru lebih banyak kepada pengarahan-pengarahan kepada siswanya, (b) pemberian motivasi-motivasi di dalam pembelajaran, (c) pembinaan-pembinaan secara rutin, baik di dalam kelas, maupun di luar kelas, dan (d) melalui kegiatan percontohan (suri teladan) yang baik dimana sepanjang proses pembelajaran guru merupakan model pelaksanaan nilai-nilai karakter bagi siswanya. Sedangkan penanaman nilai-nilai karakter yang dilakukan sekolah adalah melalui budaya-budaya sekolah seperti adanya program 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), upacara bendera, sholat duha, dan sholat berjamaah serta dengan didukung dari adanya program yang dimiliki sekolah seperti bina karakter, program MPK (Majelis Perwakilan Kelas); melaksanakan kunjungan industri; dan program AMT (Achievement Motivation Training). (2) Untuk nilai kejujuran siswa dalam kategori tinggi sebesar 22%, sedang sebesar 52%, dan rendah sebesar 26%; nilai kedisiplinan siswa dalam kategori tinggi sebesar 29,3%, sedang sebesar 58,6%, dan rendah sebesar 12,1%; nilai kerja keras siswa dalam kategori tinggi sebesar 51,7%, sedang sebesar 36,2%, dan rendah sebesar 12,1%; nilai tanggung jawab dalam kategori tinggi sebesar 34,48%, sedang sebesar 62,07%, dan rendah sebesar 3,45%; dan nilai komunikatif siswa dalam kategori tinggi sebesar 27,60%, sedang sebesar 53,40%, dan rendah sebesar 19%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2015 03:48
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28692

Actions (login required)

View Item View Item