PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KERJA BANGKU PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN

FREDY, HARI SUSANTO (2015) PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KERJA BANGKU PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fredy Hari 08503241013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PRESTASI BELAJAR KERJA BANGKU PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK FABRIKASI LOGAM DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh : FREDY HARI SUSANTO 08503241013 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk : (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa antara kelompok kontrol dan eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan handout; (2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media handout pada prestasi belajar siswaantara kelas eksperimen yang diberi perlakuan, dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan media handout: (3) Mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan media pembelajaran menggunakan handout pada standar kompetensi menggunakan perkakas tangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas ekperimen atau kelas X TFL 1 yang diberi perlakuan pembelajaran dengan media handout dan kelas kontrol atau kelas X TFL 2 dengan cara konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen berupa tes objektif yang diberikan sebelum pembelajaran/pretest dan sesudah pembelajaran/posttest. Pengujian analisis karena syarat data normal dan homogen maka digunakan statistik parametris dengan uji t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengujian t-test pretest diperoleh t hitung sebesar – 0,133; dan t tabel sebesar 2,021 yang menunjukkan tidak adanya perbedaan hasil belajar sebelum kedua kelompok tersebut diberikan treatment; (2) Pengujian t-test posttest diperoleh t hitung sebesar 4,35; dan t tabel sebesar 2,021 yang menunjukkan adanya perbedaan pada kelompok yang pembelajarannya menggunakan media handout dan kelompok yang pembelajarannya tidak menggunakan media handout; (3) Hasil belajar kelompok yang pembelajarannya menggunakan media handout setelah di uji dengan t-test diperoleh t hitung sebesar 24,26; dan t tabel sebesar 2,080 yang menunjukkan adanya peningkatan setelah diberikan treatment penggunaan media handout pada mata diklat menggunakan perkakas tangan. Kata kunci : Handout, Prestasi Belajar, Kerja Bangku, SMK N 1 Seyegan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2015 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item