PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TABLE SET UP UNTUK SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON

Fitri, Royani (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TABLE SET UP UNTUK SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Fitri Royani - 13511247018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TABLE SET UP UNTUK SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON Oleh : Fitri Royani NIM. 13511247018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendapat gambaran tingkat pengetahuan siswa kelas XI program keahlian Tata Boga pada mata pelajaran Tata Hidang sebelum penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up), 2) Mendapat gambaran tingkat pengetahuan siswa kelas XI program keahlian Tata Boga pada mata pelajaran Tata Hidang setelah penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up), 3) Mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas XI program keahlian Tata Boga pada mata pelajaran Tata Hidang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen dandesain penelitian pretestposttest control group design. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Oktober 2014 sampai dengan April 2015 di SMK Negeri 1 Sewon. Penentuan sampel dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas XI Jasa Boga 1 sebagai kelas kontrol dan XI Jasa Boga 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum instrumen digunakan untuk penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas oleh judgment expert dilanjutkan dengan Program Iteman. Hasil analisis butir soal dengan Program Iteman diperoleh 20 butir soal yang valid dan 10 butir soal yang gugur dari 30 butir soal yang diujikan, serta nilai koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,755 yang berada pada kategori tinggi. Teknik analisis data yang digunakan uji t, yaitu independent sample-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : 1) Pengetahuan siswa sebelum perlakuan menggunakan video menata meja (table set up) menunjukkan bahwa kemampuan awal yang dimiliki kelas control dan kelas eksperimen sama (homogen). Dari hasil uji t, diperoleh nilai signifikansi (P) 0.365>∝(0.05) dan thitung < ttabel (-0.913<1.671), maka Ha ditolak. 2) Pengetahuan siswa setelah diberi perlakuan media pembelajaran video pada kelas eksperimen dan perlakuan dengan media pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, menunjukkan bahwa hasil belajar akhir kedua kelompok mengalami perbedaan. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa signifikansi (P) 0.006<∝(0.05) dan thitung > ttabel (2.845>1.671) maka a diterima. 3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran video menata meja (table set up) dalam meningkatkan pengetahuan siswa kelas XI program keahlian Tata Boga ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis bahwa a diterima dan o ditolak. Dengan demikian, ada perbedaan pengetahuan siswa menggunakan media pembelajaran video dan menggunakan media pembelajaran konvensional. Kata kunci : media pembelajaran, video, pengetahuan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 08 Dec 2015 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28685

Actions (login required)

View Item View Item