KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS

Gita, Nuansa Kasih (2015) KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS SEKOLAH LANJUTAN AUTIS FREDOFIOS SLEMAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
GITA NUANSA KASIH_11103241045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran di luar kelas yang diselenggarakan oleh Sekolah Lanjutan Autis Fredofios Sleman untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak autis. Penelitian difokuskan pada langkah pembelajaran berupa: 1) persiapan; 2) pelaksanaan; dan 3) evaluasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seorang guru koordinator, seorang guru pendamping, dan dua siswa autis yang mengikuti pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di luar kelas dilaksanakan dengan kegiatan berbelanja di toko dan warung, serta bertamu ke rumah guru. Langkah pembelajaran meliputi: 1) persiapan: guru menyusun RPP dengan menetapkan tujuan pembelajaran sesuai hasil asesmen kemampuan interaksi sosial siswa; memilih materi yang sama dengan materi tahun ajaran 2014/2015; berdiskusi bersama guru bagian kurikulum untuk menentukan lokasi. 2) pelaksanaan: a) pendahuluan: guru membunyikan bell untuk mengondisikan siswa di hall; guru menunjukkan kepada siswa gambar dan menyebutkan nama dari masing-masing barang yang harus dibeli; siswa dibagi menjadi dua kelompok; guru menjelaskan cara berbelanja dan bertamu dengan metode ceramah; b) kegiatan inti: guru mengarahkan wajah siswa agar bertatap muka dan melakukan kontak mata; guru menanyakan nama barang yang harus dibeli kepada siswa; guru meminta siswa menanyakan harga barang; guru memegang dan mengarahkan tangan siswa untuk mengetuk pintu serta bersalaman; guru memberi clue agar siswa mengucapkan salam; c) penutup: guru menanyakan nama barang yang sudah dibeli, guru menjelaskan kembali cara melakukan kontak mata, memesan, mengetuk pintu, dan mengucap salam menggunakan metode ceramah; 3) evaluasi: guru koordinator dan pendamping berdiskusi mengenai kemampuan dan pemahaman masing-masing siswa ketika pembelajaran, guru mencatat hasil diskusi secara deskriptif dalam buku penghubung siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 Dec 2015 09:12
Last Modified: 30 Jan 2019 05:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28676

Actions (login required)

View Item View Item