PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS TERHADAP PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN

Ariyanti, Okta (2010) PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS TERHADAP PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
PERSEPSI SISWA KELAS XI IPS TERHADAP PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA N 1 PRAMBANAN KLATEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI IPS terhadap pembelajaran Sosiologi di SMA N I Prambanan Klaten. Hal yang melatar lakangi diadakannya penelitian ini adalah karena adanya anggapan bahwa Sosiologi adalah pembelajaran yang membosankan dan membuat siswa mengantuk serta etode pembelajaran yang digunakan guru yang hanya ceramah saja. Dengan engetahui persepsi siswa kelas XI IPS terhadap pembelajaran Sosiologi ini arapkan dapat menjadi masukan bagi guru untuk lebih baik lagi dalam hal engajar dan lebih memperbaiki pendekatan dalam pembelajarannya, misalkan guru :::nengembangkan metode pembelajaran yang keatif dan vatiatif, menumbuhkan minat motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di J1. Manisrenggo KM 2 Prambanan Klaten tepatnya di SMA N I Prambanan Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang lebih mengutamakan pada masalah proses makna. Subyek penelitian ini diambil dari data siswa kela XI IPS, guru mata pelajaran Sosiologi, dan Kepala Sekolah SMA N I Prambanan Klaten. Sumber data am penelitian ini berupa tindakan, kata-kata, catatan lapangan,pengamatan kelas, dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi gsung nn partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampel (untuk mencapai tujuan tertentu). Uji -aIiditas data digunakan dengan teknik triangulasi data dan teknik informant review. Analisis data penelitian dilakukan melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persepsi siswa kelas XI IPS terhadap pembelajaran Sosiologi di SMA N I Prambanan Klaten adalah cukup positif. Bagi siswa pembelajaran ini memberikan banyak manfaat karena siswa juga sebagai salah satu anggota masyarakat yang hams mengerti tentang so sial dalam lingkup luas. Ilmu ang didapatkan di sekolah dapat diterapkan di dalam masyarakat. Ada beberapa siswa yang berpersepsi negatif. Hal itu dikarenakan berasal dari faktor guru, misalkan sudah tidak suka dengan gurunya, metode pembelajarannya, dan suasana kurang nyanian saat pembelajaran berlangsung. Motivasi dari guru itu sangat penting untuk menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran. Guru hams lebih mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan variatif agar siswa tidak jenuh. Kata Kunci : Persepsi siswa kelas XI IPS, Minat dan motivasi siswa, metode pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 07 Dec 2015 03:37
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item