Pengembangan Instrumen Penilaian Problem Solving Siswa SMA Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Mu'awanah, Siti (2015) Pengembangan Instrumen Penilaian Problem Solving Siswa SMA Kelas X Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-mu'awanah-13708251097.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan instrumen penilaian problem solving ditinjau dari standar tes. (2) karakteristik instrumen penilaian yang valid untuk mengukur kemampuan problem solving, dan (3) instrumen penilaian mampu untuk mengukur kemampuan problem solving. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengengmbangan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Pengembangan dilakukan melalui enam tahapan yaitu pengumpulan informasi, perencanaan produk, pengembangan produk, validasi produk, evaluasi produk, dan diseminasi.Subjek uji coba validasi produk adalah siswa pada 4 SMA di kabupaten Klaten. Teknik pengambilan data yang digunakan meliputi wawancara, angket, dan tes. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar penilaian kelayakan soal, lembar respon guru dan siswa, dan soal untuk mengukur kemampuan problem solving. Hasil wawancara digunakan untuk analisis kebutuhan. Hasil penilaian kelayakan, respon guru dan siswa digunakan untuk memperbaiki soal yang dikembangkan. Hasil pengembangan digunakan untuk mengukur kemampuan problem solving siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) produk soal uraian yang layak secara teoritis untuk mengukur kemampuan problem solving ditinjau dari standar tes sesuai hasil validasi ahli materi dan ahli evaluasi. (2) Soal juga valid secara validasi empiris yang memiliki perbandingan tingkat kesukaran rendah:sedang:tinggi sebesar 33,33%:46,67%:20%, dan nilai reliabilitas sebesar 0,79. (3) Jumlah soal sebanyak 15 butir soal, yang digunakan untuk mengukur kemampuan problem solving pada 3 sekolah di kabupaten Klaten. Hasil pengukuran menunjukkan dari 97 siswa memiliki kemampuan problem solving pada kategori sangat tinggi sebesar 8,25%, pada kategori tinggi sebesar 65,97%, kategori sedang sebesar 17,53%, dan kategori rendah sebesar 8,25%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian, problem solving, tes uraian
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item View Item