PENGEMBANGAN DIKTAT LAS OKSI ASETILEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA

Eko Agus, Prasetiyo (2012) PENGEMBANGAN DIKTAT LAS OKSI ASETILEN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PIRI SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_DEVELOPMENT_OF_OXY_ACETYLENE_WELDING_TEXTBOOK_TO_IMPROVE_STUDENT_ACHIEVEMENT_IN_SMK_PIRI_SLEMAN_YOGYAKARTA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menciptakan produk diktat yang tepat sebagai bahan ajar pembelajaran pekerjaan las dasar, mengetahui proses pembuatan diktat sebagai bahan ajar pembelajaran pekerjaan las dasar, serta mengetahui kelayakan produk diktat sebagai bahan ajar pembelajaran pekerjaan las dasar di SMK Piri Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Jurusan Teknik Mesin SMK Piri Sleman Yogyakarta sebanyak 19 siswa. Sedangkan desain penelitian ini meliputi beberapa tahap yaitu tahap penelitian pendahuluan (pengamatan di sekolah, relevansi silabus, tujuan pembelajaran, kompetensi, permasalahan proses belajar mengajar, saran dan masukan, memilih bahan pembelajaran), perencanaan pembuatan diktat, pengumpulan bahan, membuat desain produk awal, produk awal, uji alpha, revisi 1 (revisi dari uji alpha), uji betha, revisi 2 (revisi dari uji beta), dan tahap penyempurnaan diktat. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen dan kuesioner dengan skala Guttman. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menggambarkan karasteristik data pada masing-masing variabel instrumen, dan untuk mengetahui kelayakan diktat las oksi asetilen. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang berbentuk diktat. Uji kelayakan terhadap diktat las oksi asetilen yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi memperoleh skor rata-rata 1 (layak), dari ahli media memperoleh skor rata-rata 1 (layak), dan dari uji coba siswa dengan skor rata-rata 0,94 (layak). Hasil skor yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan siswa tersebut mengindikasikan media pembelajaran yang berupa diktat yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran pengelasan oksi asetilen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:44
Last Modified: 29 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item