Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Self-Esteem Siswa Kelas VIII Semester 2

Laksmiwati, Pasttita ayu (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Berbasis Kecerdasan Majemuk Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Self-Esteem Siswa Kelas VIII Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pasttita-ayu-laksmiwati-13709251038.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas perangkat pembelajaran geometri berbasis kecerdasan majemuk untuk SMP kelas VIII semester 2 berorientasi pada prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis matematis, dan self-esteem siswa. Kualitas perangkat yang dikembangkan mencakup aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang mencakup tiga tahapan. Tahap pertama, penelitian awal mencakup analisis kebutuhan dan situasi. Tahap kedua, pengembangan yang mencakup desain produk dan pembuatan produk. Tahap ketiga, evaluasi yang meliputi proses validasi dan proses implementasi. Proses pengembangan melibatkan tiga validator, dan 59 siswa (siswa kelas VIIIB dan VIIIC). Validator melakukan penilaian validitas isi dari RPP, buku, LKS, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran geometri berupa RPP, buku, dan LKS yang dikembangkan menggunakan model Plomp. Hasil penilaian aspek kevalidan RPP, buku, tampilan buku, lembar kegiatan siswa, dan tampilan lembar kegiatan siswa dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 4,33 (sangat baik), 4,30 (sangat baik), 4,64 (sangat baik), 4,44 (sangat baik), dan 4,51 (sangat baik). Aspek keefektifan berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes kemampuan berpikir kritis dan angket self-esteem. Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang digunakan adalah 75. Hasil ketuntasan belajar siswa adalah 82,05% (tes prestasi belajar) dan 79,96 % (tes kemampuan berpikir kritis). Self-esteem siswa setelah pembelajaran dengan rata-rata skor 136,58 (VIIIB) dan 139,67 (VIIIC) dengan klasifikasi tinggi. Aspek kepraktisan berdasarkan hasil respon siswa, respon guru, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil rata-rata respon siswa sebesar 4,175 (praktis) dan respon guru dengan rata-rata 4,625 (sangat praktis). Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,82% (VIIIB) dan 97,61% (VIIIC). Oleh karena itu, perangkat pembelajaran geometri layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika dan memenuhi aspek kualitas (kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, kecerdasan majemuk, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, self-esteem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item