KEEFEKTIFAN STRATEGI PERTANYAAN MENUJU PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLEMAN

Sarifudin, Moh (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI PERTANYAAN MENUJU PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Moh Sarifudin 09201241044.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membuktikan perbedaan kemampuan menulis eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf; (2) menguji keefektifan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah tes awal tes akhir control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X1 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa tes awal dan tes akhir. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 22.0 menunjukkan data tes awal dan test akhir berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data test akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh bahwa t hitung adalah 3,488 dengan db 62 diperoleh nilai p sebesar 0,001. Jadi, nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (3,488 < 1,999) dan nilai p lebih kecil dari 0,05 (p = 0,001> 0,05) yang berarti signifikan. Gain score yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 13,50, sedangkan gain score kelompok kontrol sebesar 9,56. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis eksposisi yang signifikan antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf dengan siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf; (2) penggunaan strategi Pertanyaan Menuju Paragraf efektif digunakan dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 03 Dec 2015 13:24
Last Modified: 30 Jan 2019 05:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28647

Actions (login required)

View Item View Item