Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Problem-Based Learning terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau

Amiluddin, Risnawati (2015) Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Problem-Based Learning terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-risnawati-amiluddin-13709251022.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pengaruh pendekatan problem posing dan pendekatan problem-based learning terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau; dan 2) mengetahui mana yang lebih baik antara pendekatan problem posing dan pendekatan problem-based learning ditinjau dari prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent comparison-group design. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa pendidikan matematika Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau yang mengambil mata kuliah Kalkulus II yang terdiri dari empat kelas. Dari pengundian diperoleh kelas B dan kelas C semester II sebagai sampel. Kelas B diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan PBL dan kelas C diberikan perlakuan dengan menggunakan pendekatan problem posing. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar, dan angket motivasi belajar mahasiswa. Untuk mengetahui pengaruh pendekatan problem posing dan pendekatan PBL pada masing-masing variabel terikat, digunakan uji one sample t-test dengan menggunakan data post-test. Selanjutnya, untuk membandingkan pengaruh pendekatan problem posing dan pendekatan PBL data dianalisis secara multivariate menggunakan uji T Hotteling’s. Jika terdapat perbedaan pengaruh, maka dilakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel-variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Selain itu dilakukan analisis gain ternormalisasi untuk membandingkan rata-rata peningkatan prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendekatan problem posing dan pendekatan PBL berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa; 2) pendekatan problem posing tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa; 3) pendekatan PBL berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa; 4) pendekatan problem posing sama dengan pendekatan PBL ditinjau dari prestasi belajar mahasiswa; dan 5) pendekatan PBL lebih baik dibandingkan dengan pendekatan problem posing ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan problem posing, problem-based learning, prestasi belajar, motivasi belajar mahasiswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Dec 2015 13:24
Last Modified: 21 Oct 2022 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28629

Actions (login required)

View Item View Item