Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Model untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Problem Solving Peserta didik SMP

Taufiq, Muhammad (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Experiential Learning Model untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Problem Solving Peserta didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-taufiq-13708251061.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis Experiential Learning Model yang dikembangkan dalam penelitian ini; dan (2) menguji keefektifan penerapan perangkat pembelajaran dalam meningkatkan scientific literacy dan kemampuan problem solving peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini adalah Research & Development (R&D) menggunakan model Borg & Gall. Prosedur pengembangan meliputi (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf, (4) validasi dan revisi, (5) uji coba terbatas dan revisi, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk akhir, dan (8) diseminasi produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi, soal tes, angket sikap literasi sains, dan lembar respon peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Muntilan. Uji coba terbatas dilakukan kepada 12 peserta didik. Uji coba lapangan dengan rancangan Pre-test Post-test Control Group Design yang melibatkan 22 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji multivariate dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini layak (dalam kategori sangat bagus) untuk pembelajaran IPA peserta didik kelas VII SMP N 1 Muntilan, dan (2) penerapan perangkat dalam pembelajaran IPA dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik (p = 0,000, n = 46).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, experiential learning model, literasi sains, dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Dec 2015 13:24
Last Modified: 09 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28610

Actions (login required)

View Item View Item