PENGARUH MEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR PADA KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA

Elfan , Rosyadi (2011) PENGARUH MEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR PADA KOMPETENSI PENGGUNAAN ALAT UKUR DI SMK NEGERI 2 DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (Document)
THE_INFLUENCE_OF_FLASH_MEDIA_TOWARD_LEARNING_INTEREST_ON_THE_COMPETENCE_OF_USING_MEASUREMENT_DEVICES.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum diberikan perlakuan media flash pada kompetensi penggunaan alat ukur, untuk mengetahui minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan media flash pada kompetensi penggunaan alat ukur, untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa setelah diberikan perlakuan media flash, dan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini dilakukan dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen yang akan diberikan perlakuan media dan kelompok kontrol tanpa perlakuan media. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen dengan mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket pelaksanaan pembelajaran dan angket lembar amatan prilaku siswa selama pembelajaran. Data deskripsi yang terkumpul akan diolah menggunakan bantuan software Statical Product and Service Solution (SPSS) versi 17.0 for windows. Hasil penelitiannya adalah minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sama, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Minat belajar siswa setelah diberi perlakuan media flash sebesar 71,79%. Terdapat pengaruh yang signifikan dari media flash terhadap minat belajar siswa pada kompetensi penggunaan alat ukur di SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya 8,81% dari sebelum perlakuan (persentasi minat belajar siswa dari 62.98% menjadi 71,79% ) dan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu t hitung = 4,7 lebih besar dari tabel = 2,042).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Aug 2012 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item