Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Elektronik dengan Materi Hidrosfer untuk Siswa SMA Kelas X

Ardhina, Dian (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Elektronik dengan Materi Hidrosfer untuk Siswa SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-ardhina-13705251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan produk multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik dengan materi hidrosfer yang layak untuk siswa SMA kelas X, dan 2) mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik dengan materi hidrosfer yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tiga tahapan utama yaitu tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Setelah melalui tahap pengembangan awal dihasilkan produk awal multimedia. Tahap selanjutnya dilakukan evaluasi formatif yang terdiri dari Alpha Test, Beta Test I, dan Beta Test II. Pada tahap akhir produk dilakukan evaluasi sumatif untuk mengetahui keefektifan produk berupa skor tes hasil belajar. Subyek uji coba produk adalah siswa SMA kelas X yang terdiri atas 7 siswa pada uji coba Beta Test I dan 25 siswa pada uji coba Beta Test II. Sedangkan pada evaluasi sumatif pada uji keefektifan produk melibatkan 26 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data hasil penilaian oleh ahli materi, data hasil penilaian ahli media, data hasil penilaian guru geografi SMA kelas X, data hasil penilaian siswa SMA kelas X, serta skor tes soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar geografi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar. Kelayakan produk pada aspek isi diperoleh rata-rata skor 4,0 (sangat baik), aspek kebahasaan dengan skor 4,1 (sangat baik), aspek keterlaksanaan dengan skor 4,2 (sangat baik), aspek media dengan skor 4,0 (baik), dan aspek ilustrasi dengan skor 4,5 (sangat baik). 2) Hasil belajar siswa pada saat pretest diperoleh rata-rata skor 4,90; sedangkan hasil belajar siswa pada posttest dan telah menggunaakan multimedia pembelajaran sebagai sumber belajar diperoleh rata-rata skor 8,54. Dari hasil tersebut maka diperoleh gain score 0,72 dan tergolong pada klasifikasi tinggi. Berdasarkan gain score yang diperoleh tergolong tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran geografi berbentuk majalah elektronik dengan materi hidrosfer untuk siswa SMA kelas X yang dikembangkan efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kompetensi mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Geografi, Majalah Elektronik, Keefektifan Multimedia
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Dec 2015 13:24
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item