PELAYANAN PRIMA DI KANTOR SEKRETARIAT BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Bondan Prihantoro, Bondan (2015) PELAYANAN PRIMA DI KANTOR SEKRETARIAT BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH (BPAD) PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Adminitrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Bondan Prihantoro 11402244007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi pelayanan prima di Kantor Sekretariat BPAD Provinsi DIY; (2) mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dan pendukung dalam implementasi pelayanan prima di Kantor Sekretariat BPAD Provinsi DIY. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data; reduksi data; interpretasi data; dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Sekretariat BPAD DIY dapat diketahui dari 8 standar prosedur pelayanan publik yang dapat dijabarkan sebagai berikut: (a) kesederhanaan, yaitu dari segi teknis sudah berjalan lancar tetapi dari segi prosedural belum berjalan karena tidak ada gambar alur pelayanan; (b) kejelasan, yaitu pegawai sudah berusaha menjelaskan prosedur kepada tamu yang datang mengenai apa yang diperlukan oleh masyarakat secara jelas; (c) kepastian waktu, pegawai bagian surat balasan dalam memberikan kepastian waktu sering tidak sesuai dengan perjanjian awal atau molor; (d) akurasi, yaitu penyelenggaraan pelayanan prima sudah memenuhi prinsip akurasi yakni sudah tepat sasaran atau akurat; (e) kelengkapan sarana prasarana utama secara umum sudah memadai namun ada yang kurang yaitu, jumlah kursi tamu kurang dan petunjuk tempat parkir sepeda motor tidak ada. Untuk sarana prasarana penunjang kurang memadai; (f) keamanan, pegawai sudah berusaha mencapai tujuan yaitu memberikan rasa aman atau sikap dapat dipercaya kepada masyarakat; (g) kemudahan akses, yaitu gedung yang berada di pusat kota menjadikan mudah untuk diakses dan mudah ditemukan; (h) kenyamanan yang dirasakan masyarakat kurang nyaman dengan fasilitas yang diberikan diruang tunggu/lobby.(2) faktor kendala dan pendukung dalam pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Sekretariat BPAD DIY dapat diketahui sebagai berikut: (a) kendala yang dihadapi yaitu pertama, sarana prasarana penunjang kurang memadai. Kedua, pegawai khusus penerima tamu tidak ada. Ketiga, kedisiplinan tamu mengikuti peraturan kurang. (b)Faktor pendukung dalam pelaksanaan pelayanan prima adalah: pertama, secara periodik mendapat bantuan siswa dan mahasiswa yang melaksanakan PKL. Kedua, fasilitas sarana dan prasarana utama yang memadai. Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kantor Sekretariat BPAD DIY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: isti kistiananingsih
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28603

Actions (login required)

View Item View Item