Keefektifan Pembelajaran Segiempat dan Segitiga dengan PMRI Dipadu dengan Kooperatif Tipe TPSq dan TS-TS Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP

Suryani, Christina deni (2015) Keefektifan Pembelajaran Segiempat dan Segitiga dengan PMRI Dipadu dengan Kooperatif Tipe TPSq dan TS-TS Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-christina-deni-suryani-12709251019.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran segiempat dan segitiga dengan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TPSq dan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TS-TS; dan 2) mendeskripsikan perbandingan keefektifan pembelajaran segiempat dan segitiga dengan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TPSq dan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TS-TS ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan nonequivalent group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Madukara dan VII Pringgodani SMP Stella Duce 2 Yogyakarta. Siswa kelas VII Madukara belajar dengan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TPSq dan siswa kelas VII Pringgodani belajar dengan PMRI dipadu dengan kooperatif tipe TS-TS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: tes prestasi belajar matematika yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda dan angket minat belajar matematika siswa yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Sedangkan untuk menguji perbandingan kedua pendekatan pembelajaran, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Benferroni. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kedua pendekatan pembelajaran efektif ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa; 2) pembelajaran segiempat dan segitiga dengan PMRI dipadu kooperatif tipe TPSq lebih efektif daripada PMRI dipadu kooperatif tipe TS-TS ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, dan pembelajaran segiempat dan segitiga dengan PMRI dipadu kooperatif tipe TPSq tidak lebih efektif daripada PMRI dipadu kooperatif TS-TS ditinjau dari aspek minat belajar siswa terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PMRI dipadu kooperatif tipe TPSq, PMRI dipadu kooperatif tipe TS-TS, prestasi belajar, minat belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:07
Last Modified: 09 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28602

Actions (login required)

View Item View Item