PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGETIK MANUAL SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN-KLATEN

Ayuni Dewi Megawati, Ayuni (2015) PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGETIK MANUAL SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN-KLATEN. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ayuni Dewi Megawati_11402244003.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat terhadap hasil belajar mengetik manual siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten, (2) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mengetik manual siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten, (3) pengaruh minat dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mengetik manual siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan-Klaten yang berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengukur variabel Minat dan Disiplin Belajar, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai gambaran umum sekolah, jumlah siswa, dan nilai mengetik manual kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Pengujian Instrumen dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara dengan jumlah 30 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual dengan rx1y = 0,511 ; r2x1y = 0,261 ; dan thitung = 4,204 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual dengan rx2y = 0,518; r2x2y = 0,268 ; dan thitung = 4,284 lebih besar dari ttabel sebesar 2,010, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual dengan Ry(1,2) =0,579 ; R2y(1,2) = 0,336 ; dan Fhitung =12,383 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,186. Sumbangan relatif pengaruh Minat sebesar 47%, dan Disiplin Belajar 53% terhadap Hasil Belajar Mengetik Manual. Sumbangan efektif pengaruh Minat sebesar 16%, dan Disiplin Belajar sebesar 18%. Kata kunci: Minat, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: isti kistiananingsih
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:06
Last Modified: 30 Jan 2019 05:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item