PENDAPAT GURU PEMBIMBING TENTANG KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015

Mifta Rondiyah, Mifta (2015) PENDAPAT GURU PEMBIMBING TENTANG KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PPL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Mifta Rondiyah_11402244005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat guru pembimbing tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL program studi pendidikan administrasi perkantoran di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman tahun 2015. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing mahasiswa PPL program studi pendidikan administrasi perkantoran di SMK Negeri se-Kabupaten Sleman tahun 2015 yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populatif yang berarti semua subyek dijadikan responden penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan validitas isi, yang ditentukan utamanya atas dasar pertimbangan (expert judgement) dari dosen pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapat guru pembimbing tentang keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL yang meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan membuka pelajaran berdasarkan rata-rata 6,91 masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 50,0% (6 responden); 2) keterampilan menjelaskan berdasarkan rata-rata 6,83 masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 58,3% (7 responden); 3) keterampilan bertanya berdasarkan rata-rata 15,33 masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 33,3% (4 responden); 4) keterampilan memberikan penguatan berdasarkan rata-rata 2,75 masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 50,0% (6 responden); 5) keterampilan mengadakan variasi berdasarkan rata-rata 9,00 masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 41,7% (5 responden); 6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil berdasarkan rata-rata 6,25 masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 41,7% (5 responden); 7) keterampilan mengelola kelas berdasarkan rata-rata 8,42 masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 50,0% (6 responden); 8) keterampilan menutup pelajaran berdasarkan rata-rata 5,67 masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 41,7% (5 responden). Kata Kunci : Pendapat, Keterampilan Dasar Mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: isti kistiananingsih
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:05
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28596

Actions (login required)

View Item View Item