Pengembangan Perangkat Menulis Teks Eksposisi Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Siswa SMP

Cipto, Cipto (2015) Pengembangan Perangkat Menulis Teks Eksposisi Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah bagi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-cipto-13706259035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran menulis teks eksposisi berdasarkan pendekatan PBM bagi siswa SMP yang layak, (2) mengungkapkan kepraktisan perangkat yang dikembangkan, dan (3) mengungkapkan keefektifan perangkat yang dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg and Gall dan Sugiyono. Desain pengembangan dikelompokkan dalam lima tahap prosedur pengembangan yang meliputi: (a) studi pendahuluan, (b) desain produk, (c) validasi produk, (d) uji coba terbatas dan luas, dan (e) produk akhir. Subjek uji coba terbatas terdiri atas 10 siswa kelas VII SMPN 1 Jawai, sedangkan subjek uji coba luas terdiri atas 20 siswa kelas VII SMPN 2 Jawai Selatan Kabupaten Sambas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi untuk ahli materi dan ahli pembelajaran, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon siswa, angket penilaian guru, dan instrumen evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas silabus, RPP, buku ajar siswa (BAS), dan instrumen evaluasi pembelajaran (IEP) yang menurut ahli materi dan pembelajaran masuk dalam kategori “baik”; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan untuk aspek keterlaksanaan pembelajaran, aspek penilaian guru, dan aspek respon siswa pada uji coba terbatas dan luas dinyatakan praktis dengan seluruh aspek lembar penilaian masuk dalam kategori “baik; (3) perangkat pembelajaran tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran berdasarkan pendekatan PBM layak, efektif, dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, teks eksposisi, pendekatan pembelajaran berbasis masalah, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:07
Last Modified: 09 Nov 2022 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item