PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN GANGGUAN SISTEM GERAK SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA/MA (BERBASIS HASIL PENELITIANHUBUNGAN ERGONOMI DAN KELELAHAN MUSKULOSKELETAL PADA KARYAWAN UNY)

Setyoningsih, Gama (2015) PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN GANGGUAN SISTEM GERAK SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA/MA (BERBASIS HASIL PENELITIANHUBUNGAN ERGONOMI DAN KELELAHAN MUSKULOSKELETAL PADA KARYAWAN UNY). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Gama Setyoningsih.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meng etahui: kualitas modul pengayaan gangguan sistem gerak yang disusun dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan berdasarkan peni laian oleh ahli media dan materi, serta guru; dan tanggapan siswa setelah menggunakan modul pengayaan gangguan sistem gerak sebagai panduan pe ngayaan materi sistem gerak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Analysis , Design , Development , Implementation , and Evaluation (ADDIE), namun hanya sampai tahap Development. Produk awal modul disunting oleh 2 dosen ahli materi dan 2 dosen ahli media agar produk awal tersebut sempurna. Penilaian kualitas modul dilakukan melalui implementasi terbatas dengan subjek penelitian terdiri dari 2 orang guru matapelajaran biologi dan 15 siswa kelas IX SMAN 8 Yogyakarta yang telah mencapai KKM ( ≥ 7.5). Objek penelitian adalah kualitas modul pengaya an gangguan sistem gerak.Data kualitas modul dianalisis dengan stastistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket kualitas perangkat pembelajaran meliputi lembar penilaian untuk dosen ahli dan guru, serta lembar tanggapan untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas modul pengayaan gangguan sistem gerak sebagai bahan ajar di SMA/ MA kelas XI berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dilihat dari aspek kelayakan isi adalah baik, sedangkan dilihat dari aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan adalah sangat baik. Kualitas modul pengayaan gangguan sistem gerak sebagai bahan ajar di SMA/MA kelas XI berdasarkan penilaian guru dilihat dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan adalah sangat baik; tanggapan siswa terhadap penggunaan modul pengayaan gangguan sistem gerak sebagai panduan pengayaan materi sistem gerak adalah baik. Kata Kunci: modul, pengayaan,bahan ajar, sistem gerak, muskuloskeletal, ergonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: modul, pengayaan,bahan ajar, sistem gerak, muskuloskeletal, ergonomi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:09
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item View Item