PENYUSUNAN LKS MENU GIZI SEIMBANG MATERI ZAT MAKANAN DAN MENU SEHAT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI SISWA KELAS XI SMA

Heny, Ajeng Purnama (2015) PENYUSUNAN LKS MENU GIZI SEIMBANG MATERI ZAT MAKANAN DAN MENU SEHAT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BAGI SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ajeng Purnama Heny.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeta hui: kualitas LKS dengan pendekatan keterampilan proses sains ditinjau dari beberapa aspek berdasarkan penilaian oleh ahli materi, ahli media dan guru Biologi, tanggapan siswa dalam penggunaan LKS, ketercapaian keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model analysis, design, development and production (ADD). Lembar Kegiatan Siswa yang disusun ini menggunakan pendekatan keterampilan proses sains yang sebelumnya telah disunting oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Penilaian kualitas LKS ini dilakukan melalui tahap implementasi terbatas dengan subyek penelitian 2 guru Biologi dan 15 siswa kelas XI SMAN 8 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kualitas LKS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket penilaian kualit as LKS ditinjau dari aspek kebenaran dan keluasan konsep, kebahasaan, kegiatan/pengama tan, keterampilan dan evaluasi belajar, tampilan, lembar observasi dan angket tanggapan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kualitas LKS dengan pendekatan keterampilan proses sains berdasarkan penilaia n oleh dosen ahli materi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 11, aspek kebahasaan 17, aspek kegiatan/pengamatan 8, aspek keterampilan dan evaluasi belajar 21 dengan kriteria “Sangat Baik” dan berdasarkan penilaian dengan skor aspek kebahasaan 17, aspek tampilan 29 te rmasuk dalam kriteria “Sangat Baik”., dan guru Biologi dengan skor aspek kebenaran dan keluasan konsep 9, aspek kebahasaan 19, aspek kegiatan/pengamatan 7, aspek keterampilan dan evaluasi belajar 22, aspek tampilan 29 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS dengan skor 46.87 termasuk dalam kriteria “Sangat Baik” dan ketercapaian keterampilan proses sains siswa yaitu 4 aspek dinyatakan “Sangat Baik” dan 1 aspek dinyatakan “Baik”. Kata kunci : gizi seimbang, keterampilan pr oses sains, LKS, menu sehat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gizi seimbang, keterampilan pr oses sains, LKS, menu sehat.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:07
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item View Item