PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MACROMEDIA FLASH TEMA “BUMI DAN ANTARIKSA” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Wulan, Rekno (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MACROMEDIA FLASH TEMA “BUMI DAN ANTARIKSA” DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
abstrak rekno wulan.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA berbasis Macromedia Flash tema “Bumi dan Antariksa”, Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran IPA yang dikembangkan dalam proses pembelajaran, dan mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa SMP dengan menggunakan media pembelajaran IPA yang dikembangkan. Metode yang yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi empat tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar angket dan lembar observasi. Analisis data penilaian kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran dilakukan dengan model Rasch menggunakan program ministep yang selanjutnya dikategorikan sesuai dengan kriteria kelayakan media. Peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan lembar angket dihitung dengan gain score, sedangkan data lembar observasi dihitung dengan selisih persentase pada setiap pertemuan. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash dengan tema “Bumi dan Antariksa” dengan kriteria sangat baik pada komponen materi, kebahasaan, tampilan, stimulan, keterbacaan, dan kemandirian belajar, dan kriteria baik menurut respon siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Peningkatan dengan gain score sebesar 0,23 (kategori rendah), pada pertemuan I ke II mengalami peningkatan sebesar 1.66% dan 6.84% pada pertemuan II ke III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 02 Dec 2015 09:02
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28584

Actions (login required)

View Item View Item