PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROTISTA BERBASIS MOBILE LEARNING PLATFORM ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON

Tama, Yohanes Erwin Kumbara (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PROTISTA BERBASIS MOBILE LEARNING PLATFORM ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yohanes Erwin Kumbara Tama.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan dari Modul Pembelajaran Protista berbasis Mobile Learning Platform Android untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model penelitian Borg and Gall, serta modifikasi model penelitian dan pengembangan Sugiyono. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap kelima, yaitu revisi produk, dimana revisi dilakukan setelah produk diuji keterbacaan kepada siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen ahli baik media maupun materi, guru biologi, dan siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Objek dalam penelitian pengembangan ini adalah modul pembelajaran Protista berbasis mobile learning platform android. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, guru biologi dan juga siswa. Teknik analisis data untuk data kualitas modul pembelajaran menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan teknik penskoran untuk mengetahui tingkat kualitas modul. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas modul pembelajaran Protista berbasis mobile learning platform android untuk siswa kelas X SMA N 1 Sewon ditinjau dari aspek materi, bahasa, tampilan, keterlaksanaan. Penilaian untuk aspek materi adalah layak digunakan. Hal ini didasarkan pada penilaian ahli materi yaitu 87.92% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian oleh ahli media yaitu 76.71% dengan kategori “layak”. Penilaian oleh guru Biologi yaitu 88% dengan kategori “sangat layak”. Respon penilaian oleh siswa yaitu 82.45% dengan kategori “sangat layak”. Siswa yang telah berhasil dalam menggunakan modul ini 18 siswa dari 20 siswa, dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60. Maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Protista berbasis mobile learning platform android ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Platform android, mobile learning, modul Protista.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Platform, android, mobile learning, modul Protista
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 01 Dec 2015 09:43
Last Modified: 30 Jan 2019 05:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/28582

Actions (login required)

View Item View Item